” Efektivitas Penerapan Undang-Undang Hak Cipta terhadap Karya Musik Indilabel “

LAPORAN  HIBAH PENELITIAN PROGAM HIBAH KOMPETISI A2
Peneliti : YULIATI, SH., LLM,   tahun 2004

ABSTRAKSI

Pengaturan tentang hak cipta dalam satu sistem hukum HKI sebenarnya telah dimulai sejak dekade 80-an dengan diberlakukannya UU 6/1982 tentang hak cipta yang kemudian berturut-turut diamandemen dengan UU 7/1987  dan UU12/1997 sampai dengan diberlakukannya UU hak cipta yang terbaru yaitu UU 19/2002 yang berlaku efektif pada tanggal 23 Juli 2003 ternyata belum mampu memberikan perlindungan yang memadai terhadap karya cipta , khususnya karya musik. Hal ini dapat dilihat dari tingginya tingkat pembajakan karya musik  dalam bentuk kaset, CD dan VCD di Indonesia.
Ada tiga masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: Apakah Undang-Undang Hak cipta di Indonesia telah memberikan perlindungan hukum yang memadai bagi karya musik musisi indi label;Bagaimanakah peran aparat penegak hukum berkaitan dengan efektitas penerapan UU nomor 19/2002 tentang hak cipta terhadap karya musik indilabel;Bagaimanakah peran YKCI sebagai lembaga independen dalam menegakkan hak-hak pencipta dan musisi indi label.
Ada dua pendekatan penelitian yang akan digunakan dalm penelitian ini: Pendekatan  Yuridis normatif digunakan untuk menjawab permasalahan pertama dengan cara mengkaji isi Undang-Undang Hak cipta yang ada di Indonesia. Pendekatan Yuridis Sosiologis artinya menganalisa aspek hukum dengan memperhatikan kenyataan yang terjadi di masyarakat. Pendekatan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan efektivitas penerapan aturan dalam UU 19/2002 tentang hak cipta.
Sedangkan analisa yang digunakan adalah : Pada permasalahan pertama, bahan hukum diolah secara sistematis dan dilakukan analisa isi (content analysis). Pada permasalahan kedua dan ketiga, data yang diperoleh    dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang pengetahuan aparat penegak hukum dan musisi indi label berkaitan dengan hak cipta. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi institusi yang mempunyai kewenangan untuk menerapkan hak cipta, agar dapat dilakukan dengan benar dan konsisten, sehingga dalam jangka panjang akan timbul kesadaran dan perubahan pola pikir dari aparat penegak hukum maupun musisi indi label dalam menyikapi keberadaan perlindungan hak cipta .

lengkap laporan penelitian indilabel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: