” Kewenangan Hukum YKCI dalam Perlindungan Hukum Hak Cipta “

Tesis telah mendapatkan nilai lulus dalam ujian di Program Pascasarjana, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, pada bulan Maret 2008. Oleh karena itu, penulis tesis, Andika Wijaya, telah memperoleh gelar Magister Hukum.

RINGKASAN

Andika Wijaya, Mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum 2005, Kewenangan Hukum Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) dalam Perlindungan Hukum Hak Cipta Karya Musik Indonesia di Indonesia, Komisi Pembimbing: Pembimbing I Afifah Kusumadara SH. LL.M. SJD, Pembimbing II Bambang Winarno SH. SU.

Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) didirikan oleh para pencipta lagu pada Januari tahun 1991, yang bertujuan untuk mengelola royalti para pencipta lagu atas penggunaan karya lagu oleh users yang bersifat komersil. KCI dalam melaksanakan tugasnya menarik royalti berdasarkan surat perjanjian pemberian kuasa yang diberikan pencipta lagu atau pemegang hak cipta lagu kepada KCI, serta berlandaskan Undang-Undang No.19 tahun 2002 tentang hak cipta yang menjunjung tinggi hak-hak para pencipta lagu. Akibat adanya perjanjian pemberian kuasa oleh pencipta lagu atau pemegang hak cipta lagu kepada KCI tersebut melahirkan suatu kewenangan hukum bagi KCI untuk memberikan perlindungan hukum hak cipta karya musik (lagu). Namun, dalam pelaksanaannya dilapangan masih ada beberapa pihak (users) yang masih meragukan (multitafsir) keabsahan KCI dalam menarik royalti sehingga mengakibatkan penarikan royalti dari para usersi terkadang mengalami kendala.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kewenangan hukum Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) dalam perlindungan hukum hak cipta karya musik Indonesia di Indonesia, bagi kepentingan para pemilik atau pemegang hak cipta karya musik Indonesia? (2) Apa kendala yang dihadapi Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI), dalam melakukan pemungutan royalti dari para pengguna (users) komersial di Indonesia dan bagaimana solusi atas permasalahan tersebut?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris yang menggunakan pendekatan bersifat yuridis normatif, dengan pendekatan analisa secara deskriptif kualitatif, sebab data yang dikumpulkan berwujud kasus-kasus yang ditemui dilapangan sehingga tidak dapat disusun ke dalam suatu struktur klasifikasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa kewenangan untuk dapat menyandang hak dan kewajiban itu juga disebut kewenangan hukum, berdasarkan maksud dan tujuannya KCI mempunyai kewenangan untuk ikut menjadi bagian dari komponen sistem hukum yang memberi perlindungan hukum hak cipta karya musik (lagu). Belum adanya penunjukan langsung oleh pemerintah tentang kedudukan KCI sebagai collecting society yang diatur secara resmi dalam Undang-Undang No.19 tahun 2002 tentang Hak Cipta mengakibatkan users masih meragukan kewenangan hukum yang dimilki KCI.
Penulis menyarankan perlu adanya revisi kembali terhadap Undang-Undang No.19 tahun 2002 tentang hak cipta dengan memasukan ketentuan yang belum terdapat sebelumnya. Adapun hal ini dimaksudkan untuk menjamin kepastian hukum dan memberikan perlindungan hukum yang lebih baik kepada para pencipta karya musik (lagu) di Indonesia.

tesis-andika-lengkap

3 Responses

  1. Penting gak sih ???..dan ribet gak sih urus hak cipta ???

  2. Sebenarnya saya bukan praktisi, tetapi akademisi, yang lebih fokus pada teori dan filosofi sebuah aturan hukum. Saya akan menjawab pertanyaan anda berdasar teori hukum hak cipta, akan tetapi untuk seluk beluk pendaftaran lagu-lagu ciptaan anda, harap hubungi para praktisi yaitu kantor konsultan hak kekayaan intelektual (HaKI).

    Secara teori, lagu-lagu ciptaan anda tanpa didaftarkan di Dirjen HaKI otomatis juga sudah dilindungi hak cipta di Indonesia (sepanjang lagu-lagu anda adalah orisinil, tidak menjiplak). Akan tetapi, anda juga tetap dibolehkan untuk mendaftarkan lagu-lagu ciptaan anda di Dirjen HaKI dengan mengikuti prosedur yang ditentukan dalam UU Hak Cipta, PP, Keprres, Peraturan Menteri, dsb. Lebih lengkapnya peraturan perundangan tsb dapat anda download dari situs http://www.dgip.go.id/ . Lebih praktisnya lagi, anda juga dapat mendatangi konsultan HaKI untuk memperoleh saran hukum dari mereka.

  3. bagaimana cara saya mendaftar lagu2 ciptaan saya…agar bisa dilindungi oleh hukum??bagaima persyaratannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: