” Perlindungan Hukum Bagi Pasien “

Kajian Yuridis Perlindungan Hukum Bagi Pasien Dalam Undang-Undang Ri Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran Berkaitan Dengan Malpraktik

Penelitian ini dibiayai dengan dana DPP Fakultas HUkum Universitas Brawijaya Nomor kontrak : 011/DPP-FH/VI/PEN/2005

YULIATI,SH.,LLM

Abstrak
Kajian Yuridis Perlindungan Hukum Bagi  Pasien dalam Undang-Undang RI Nomor 29 Tahun 2004  tentang Praktik Kedokteran Berkaitan dengan Malpraktik, Yuliati, SH.,LLM
Hubungan antara dokter, Rumah Sakit dan pasien atau yang lebih dikenal dengan transaksi terapeutik inilah  biasanya konflik bermula. Konflik biasanya terjadi manakala para pihak tidak menjalankan perannya sebagaimana yang diharapkan oleh pihak lain. Pasien sebagai pihak yang membutuhkan pertolongan berada pada posisi yang lemah sehingga seringkali tidak memiliki posisi tawar yang menguntungkan bagi dirinya. Sebaliknya pihak penyedia layanan kesehatan seringkali tidak dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pasien maupun keluarga pasien, akibatnya transaksi terapeutik yang seharusnya dapat berjalan dengan baik menjadi keadaan yang tidak menyenangkan baik bagi pasien maupun dokter ataupun Rumah Sakit.
Penelitian ini difokuskan pada UU 29/2004 tentang praktik kedokteran apakah telah memberikan perlindungan hukum yang memadai bagi pasien manakala terjadi dugaan malpraktik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa perlindungan hak- hak pasien dalam  UU 29/2004 tentang Praktik Kedokteran manakala terjadi dugaan malpraktik. Sedangkan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini sebagai wacana pengembangan keilmuan bagi dosen,   mahasiswa dan pihak lain yang menaruh perhatian bagi pengembangan hukum kesehatan di Indonesia;
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan cara mengkaji secara mendalam bahan hukum baik yang berupa Undang-undang maupun aturan hukum lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara dokter dan pasien mengalami berbagai perkembangan seiring dengan perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi serta hukum. Semakin bertambahnya kesadaran pasien atas hak-haknya juga membawa pengaruh tersendiri terhadap cara pandang pasien dalam mencari penyelesaian atas kasus malpraktek yang merugikannya. Pemerintah telah mencoba mengakomodasi kepentingan pasien untuk mendapatkan perlindungan hukum dengan memakai instrumen aturn perundang-undangan ternyata tidak menguntungkan bagi pasien. Diberlakukannya UU 29/2004 tentang Praktik kedokteran pun ternyata tidak mampu menjawab persoalan hak pasien jika terjdai malpraktek. Sebaliknya, yang terjadi adalah adanya pemborosan yang seharusnya tidak perlu, karena UU ini mengatur hal-hal yang sebenarnya sudah diatur dengan aturan yang lebih dahulu ada dan secara normatif masih berlaku. Oleh karena itu perlu adanya amandemen terhadap materi UU 29/2004 yang rancu, tidak logis dan tidak dapat diterapkan;dan dengan tujuan memberikan kejelasan perlindungan atas hak pasien maka hal yang mendesak untuk dilakukan adalah melakukan kajian yang berkaitan dengan aturan hukum yang berkaitan dengan hak-hak pasien.

Lengkap – Perlindungan Hukum bagi Pasien

5 Responses

  1. karya tulis yang mencerahkan.. good job bu Yuliati, SH. LL.M

  2. mohon izin utk bisa mencetak karya tulis diatas, trima kasih

  3. mohon kami bisa mendapatlan karya tulis diatas.terimakasih

    • Silakan klik tautan “Lengkap – Perlindungan Hukum bagi Pasien” yang berada di bawah abstrak. Mohon diperhatikan, bahwa karya tulis tsb dilindungi oleh Hak Cipta penulisnya, Ibu Yuliati, SH. LL.M. Mohon apabila Sdri. Suliani menggunakan artikel Ibu Yuliati dalam tulisan-tulisan Saudari, agar menyebutkan sumber tulisannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: