” Persepsi Mahasiswa dan Dosen terhadap Perlindungan Hak Cipta atas Buku “

Persepsi Mahasiswa dan Dosen terhadap Perlindungan Hak Cipta atas Buku Berkaitan dengan UU nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta ( Studi di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang)

Penelitian di biayai DPP Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dengan kontrak 007/DPP-FH/VI/PEN/2007

YULIATI,SH., LLM

Abstract
Pengaturan tentang hak cipta dalam satu sistem hukum HKI sebenarnya telah dimulai sejak dekade 80-an dengan diberlakukannya UU 6/1982 tentang hak cipta yang kemudian berturut-turut diamandemen dengan UU 7/1987  dan UU12/1997 sampai dengan diberlakukannya UU hak cipta yang terbaru yaitu UU 19/2002 yang berlaku efektif pada tanggal 23 Juli 2003.
Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah Persepsi dosen dan mahasiswa tentang perlindungan hukum hak cipta atas buku, Faktor-Faktor apakah yang berpengaruh terhadap persepsi  dosen dan mahasiswa tentang hak cipta dan Upaya-upaya apakah yang dapat dilakukan oleh Fakultas dan universitas Brawijaya  untuk meningkatkan persepsi dosen dan mahasiswa tentang hak cipta berkaitan dengan berlakunya UU nomor 19/2002.
Penelitian ini memakai pendekatan Yuridis empiris  yang menganalisa aspek hukum dengan memperhatikan kenyataan yang terjadi di masyarakat. Sedangkan data yang diperoleh dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden mahasiswa  memahami Undang-undang Hak cipta akan tetapi mereka masih memiliki persepsi yang rendah terhadap perlindungan hak ekonomi bagi pencipta dan pemegang hak cipta sebaliknya responden  memiliki persepsi yang tinggi terhadap pembatasan hak cipta dan pelanggaran hak cipta. Sedangkan, responden dosen menunjukkan persepsi yang tinggi terhadap keempat parameter tersebut diatas serta adanya kesadaran yang tinggi terhadap penghargaan terhadap karya cipta orang lain terutama jika dikaitkan dengan hak ekonomi bagi responden dosen. Faktor yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa dan dosen berkaitan dengan perlindungan hak cipta dibedakan faktor fungsional yang terdiri dari faktor kebutuhan dan pengalaman serta faktor personal yang berkaitan erat dengan sikap individudu dalam merespon suatu aturan hukum.Upaya-upaya  yang dapat dilakukan oleh Fakultas Hukum untuk meningkatkan persepsi mahasiswa dan dosen tentang hak cipta atas buku dapat dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi , perubahan status mata kuliah HKI, serta bersinergi dengan stakeholder lainnya dalam pemanfaatan buku dikaitkan dengan optimalisasi teknologi informasi dalam proses pembelajaran.
Saran yang dapat diberikan peneliti untuk meningkatkan persepsi mahasiswa dan dosen dalam konteks penghormatan terhadap hak cipta, maka fakultas diharapkan:
Mendorong dosen untuk lebih aktif dalam menulis buku ajar dengan memberikan remunerasi yang layak serta membantu dalam penerbitan;Mewajibkan dosen untuk menyusun reading material sebagai salah satu prasyarat untuk mengajar; Meningkatkan minat baca baik dosen maupun mahasiswa dengan menyediakan koleksi yang cukup baik berupa buku referensi maupun jurnal ilmiah; Meningkatkan minat baca dan menulis bagi mahasiswa dan dosen dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah secara berkala dan berkesinambungan; Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder yang lain dalam pemanfaatan sumber informasi yang saling menguntungkan.

Lengkap – Persepsi Mahasiswa dan Dosen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: