” Implementasi Pasal 2 ayat (2) UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta “

Tesis telah mendapatkan nilai lulus dalam ujian di Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, pada bulan September 2005. Oleh karena itu, penulis tesis, Yenny Eta Widyanti, telah memperoleh gelar Magister Hukum.

RINGKASAN

YENNY ETA WIDYANTI, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, 3 September 2005. Implementasi Pasal 2 ayat (2) UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (Studi Yuridis Sosiologis Penerapan Hak Penyewaan Terhadap Pelaku Usaha Penyewaan Karya Sinematografi Dalam Bentuk VCD di Kota Malang); Komisi Pembimbing, Ketua: Moch. Munir, Anggota: Yuliati.

Pengaturan tentang hak cipta dalam satu sistem hak kekayaan intelektual telah dimulai sejak masa pemerintahan Belanda di Indonesia, yaitu melalui Auteurswet 1912. Kemudian setelah Indonesia merdeka pengaturan tentang hak cipta diatur dalam UU No. 8 Tahun 1982 tentang Hak Cipta, lebih lanjut diubah  dengan UU No. 7 Tahun 1987 , UU No. 12 Tahun 1997, dan yang terbaru adalah UU No. 19 Tahun 2002 yang mencabut berlakunya semua Undang-undang Hak Cipta sebelumnya. Namun demikian, sejak UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta berlaku efektif pada tanggal 29 Juli 2003 ternyata hingga kini belum mampu memberikan perlindungan yang memadai terhadap karya cipta, khususnya karya cipta sinematografi dalam bentuk VCD. Hal ini dapat terlihat pada tingginya tingkat pelanggaran terhadap hak cipta, baik pembajakan karya cipta VCD maupun kegiatan usaha penyewaan karya cipta VCD tanpa ijin dari pemegang hak cipta sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat (2) UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.
Ada dua masalah yang ditulis dalam penelitian ini, yaitu: 1) mengapa ketentuan Pasal 2 ayat (2) UU No. 19 Tahun 2002 tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan, 2) tindakan-tindakan hukum apakah yang ditempuh oleh pemegang hak cipta untuk memfungsikan Pasal 2 ayat (2) UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka digunakan Teori Legal System oleh L.M. Friedman, bahwa bekerjanya hukum tergantung pada tiga komponen, yaitu; substansi hukum, struktur hukum, dan budaya hukum.
Berpijak pada permasalahan tersebut maka digunakan pendekatan penelitian yuridis sosiologis, artinya melalui pendekatan ini hukum tidak hanya dipandang sebagai peraturan atau kaidah-kaidah saja, akan tetapi juga meliputi bagaimana bekerjanya hukum dalam masyarakat serta bagaimana hukum berinteraksi dengan lingkungan hukum itu diberlakukan. Kemudian analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif , yaitu memaparkan dan menggambarkan realita atas permasalahan hukum yang ada di lapangan baik berupa uraian kata maupun bentuk tabel yang sifatnya menunjang hasil penelitian di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara substansi UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta memiliki kelemahan, yaitu masih timbulnya multi tafsir dalam Pasal 2 ayat (2) UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, sehingga sulit untuk memfungsikan hak penyewaan. Selain itu juga tidak ada pertentangan antara UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dengan undang-undang lain yang terkait dengan Hak Kekayaan Intelektual ataupun dengan aturan pelaksananya.
Realita yang ada di lapangan menunjukkan bahwa penegakan UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta belum terwujud. Kondisi tersebut terjadi disebabkan oleh pandangan dan sikap aparat penegak hukum maupun masyarakat yang tidak berkesesuaian dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam substansi UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Hal ini dipengaruhi oleh pertimbangan sosial dan ekonomi yang mengenyampingan  pertimbangan hukum, juga disebabkan oleh lemahnya pemahaman aparat penegak hukum dan masyarakat terhadap substansi UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

lengkap-tesis-eta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: