” Kewenangan dan Tanggung Jawab Notaris dalam Pembuatan Kontrak Baku pada Akta Perjanjian Kredit “

Tesis telah mendapatkan nilai lulus dalam ujian di Program Pascasarjana Kenotariatan, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, pada bulan Oktober 2008. Oleh karena itu, penulis tesis, Caroline Mesalina, telah memperoleh gelar Magister Kenotariatan.

ABSTRAK

CAROLINE MESALINA, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Oktober 2008. Kewenangan dan Tanggung Jawab Notaris dalam Pembuatan Kontrak Baku pada Akta Perjanjian Kredit di Bidang Perbankan (Studi Kasus di Kantor Notaris dan Bank di Wilayah Kota dan Kabupaten Malang), Komisi Pembimbing, Ketua: Afifah Kusumadara,S.H.,LLM.,SJD., Anggota : Dwi Rossulliati,S.H.,Not

Dalam tesis ini penulis membahas mengenai kewenangan notaris dalam pembuatan kontrak baku pada akta perjanjian kredit di bidang perbankan dan tanggung jawab notaris jika dalam pelaksanaan kontrak baku pada akta perjanjian kredit terjadi wanprestasi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kewenangan notaris dalam pembuatan kontrak baku pada akta perjanjian kredit di bidang perbankan dan menganalisis tanggung jawab notaris jika dalam pelaksanaan kontrak baku pada akta perjanjian kredit terjadi wanprestasi.
Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, dengan mengkaji kewenangan notaris dalam pembuatan kontrak baku pada akta perjanjian kredit di bidang perbankan dan tanggung jawab notaris jika dalam pelaksanaan kontrak baku pada akta perjanjian kredit terjadi wanprestasi. Yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah para notaris yang menjadi rekanan bank dan bank-bank yang menyalurkan kredit di Kota dan Kabupaten Malang. Kemudian seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian 1) Mayoritas notaris yang menjadi populasi penelitian tidak melaksanakan salah satu/semua kewenangan atribusi yang diperolehnya dari UU No 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris yaitu tidak membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik (sebagaimana diamanatkan oleh pasal 15 ayat (1) UU No 30 Tahun 2004); tidak menjamin kepastian tanggal dalam pembuatan akta (sebagaimana diamanatkan oleh pasal 15 ayat (1) UU No 30 Tahun 2004); tidak memberikan penyuluhan hukum secara maksimal sehubungan dengan pembuatan akta, yang dalam hal ini adalah akta perjanjian kredit (sebagaimana diamanatkan oleh pasal 15 ayat (2) UU No 30 Tahun 2004), 2) Notaris tidak dapat dimintai pertanggungjawaban jika dalam pelaksanaan kesepakatan dalam akta perjanjian kredit terjadi wanprestasi, tetapi notaris bertanggungjawab terhadap pembuatan akta perjanjian kredit tersebut, yaitu terhadap awal dan akhir akta perjanjian kredit. Notaris bertanggung jawab bahwa apa yang dituangkan notaris dalam akta perjanjian kredit adalah benar, bahwa akta perjanjian kredit benar ditandatangani pada hari itu (tanggal, bulan dan tahun) dan pada waktu yang tercantum dalam akta, bahwa benar komparan/para pihak menghadap notaris, bahwa benar yang menandatangani akta perjanjian kredit adalah orang yang namanya tercantum dalam komparisi, dan isi akta perjanjian kredit benar dikehendaki oleh para pihak.

Rekomendasi : 1) Notaris melakukan perbuatannya secara profesional dan berdasarkan kewenangan dan kewajibannya sesuai UU No 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris serta memberikan penyuluhan hukum kepada kedua belah pihak, 2) Pihak bank memenuhi ketentuan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan dan mau menerima masukan dari notaris supaya kepentingan kreditur dan debitur dilindungi oleh hukum, 3) Pihak debitur mau mempelajari hukum yang berlaku dan bersikap kritis terhadap pelanggaran yang terjadi.

complete-thesis-caroline

One Response

  1. saya mau tanya donk,,,???!!!!🙂

    pada saat debitur wanprestasi,,,apa yang bisa dilakukan oleh bank selaku kreditur???dengan perjanjian kredit secara notariil???
    bisa kah melakukan tuntutan ke pengadilan???bagaimana prosedurnya???

    trimakasih,,,🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: