” Pelaksanaan Pemberian Informasi Pada Konsumen Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen “

Skripsi telah mendapatkan nilai lulus dalam ujian di Program S1, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, pada bulan Januari 2013. Oleh karena itu, penulis skripsi, Resa Raytiaputri, telah memperoleh gelar Sarjana Hukum.

ABSTRAKSI

RESA RAYTIAPUTRI, Hukum Perdata Murni, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Januari 2013, Implementasi Pasal 7 Huruf b Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Pelaksanaan Pemberian Informasi Kepada Konsumen Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen (Studi Di PT Mandiri Tunas Finance Cabang Malang), Komisi Pembimbing, Pembimbing Utama: Indrati, S.H., M.S.; Pembimbing Pendamping: Djumikasih, S.H., M.H.

Artikel ilmiah ini membahas tentang implementasi Pasal 7 huruf b Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam pelaksanaan pemberian informasi kepada konsumen oleh perusahaan pembiayaan konsumen dalam perjanjiaan pembiayaan konsumen. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana implementasi pasal 7 huruf b UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terkait pemberian informasi kepada konsumen dalam perjanjian pembiayaan konsumen oleh PT Mandiri Tunas Finance Malang, dampak kerugian yang dihadapi para pihakdan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kerugiantersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis.Dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan pemberian informasi kepada konsumen dalam perjanjian pembiayaan konsumen oleh PT Mandiri Tunas Finance Malang masih belum keseluruhan sesuai dengan inti pasal 7 huruf b Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.Dampak kerugian yang dialami oleh para pihak yang terkait dalam perjanjian pembiayaan konsumen ketika terjadinya kurang informasi yang didapat oleh konsumen adalah kerugian yang bersifat materiil dan immateriil. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh konsumen ketika mengalami kerugian yaitu dengan cara mengajukan pengaduan secara langsung kepada PT Mandiri Tunas Finance Malang atau kepada perusahaan pembiayaan konsumen terkait lainnya.Apabila masalah yang dihadapi adalah masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan sendiri, maka konsumen mengadakan pengaduan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Sedangkan PT Mandiri Tunas Finance Malang melakukan upaya yaitu memberikan penjelasan kembali mengenai informasi terkait untuk lebih dirincikan kepada konsumen dan memberikan teguran kepada karyawan bersangkutan, kemudian dengan pelatihan-pelatihan bagi karyawanguna meningkatkan pengetahuan mengenai aturan-aturan yang berlaku di perusahaan khususnya tentang pemberian informasi.

Skripsi selengkapnya – Complete thesis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: